Career Day SMAN 1 Baros, Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Masuk SNMPTN, UTBK-SBMPTN Tahun 2022

Diposting pada

Selasa, 08 Februari 2022

Oleh: Deni Dwi Putra

PMB.UNTIRTA.AC.ID SERANG — Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru kembali digulir, kegiatan dengan tema Career Day tersebut diselenggarakan di SMAN 1 Baros, Kabupaten Serang pada selasa (8/2). Dalam kegiatan tersebut hadir Ketua UPP PMB Untirta, Tri Cahyono, S.Kom.,MM sebagai narasumber tentang jalur masuk SNMPTN, UTBK-SBMPTN tahun 2022.

Sebelum membahas jalur masuk SNMPTN, UTBK-SBMPTN, Tono menjelaskan tentang informasi fakultas dan program studi yang ada di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa tahun 2022. “Saat ini di Untirta ada 5 lokasi yang terdiri dari 7 Fakultas dan Pascasarjana serta 64 program studi yang terbagi di beberapa lokasi. Kampus A yang berlokasi di Pakupatan terdiri dari Fakultas Kedokteran dan Pascasarjana, Kampus B untuk Fakultas Teknik yang bertempat di Cilegon, Kampus C ditempati oleh Fakultas Keguruan yang beralamat di Ciwaru, Kampus D untuk program studi S1 dan D3 Keperawatan yang berada di Kepandean, sedangkan untuk Kampus Sindangsari terbagi beberapa Fakultas, Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB), Fakultas Pertanian (Faperta), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) dan Fakultas Hukum (FH)” Ujarnya.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah jalur masuk pertama di tahun 2022 yang diadakan secara nasional lewat Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang berbasis penilaian Akademik dan persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN. Hanya siswa-siswi yang berprestasi akademik saja yang bisa mengikuti pendaftaran SNMPTN.

Pada kesempatan ini Tono berpesan kepada peserta yang hadir untuk tidak mensia-siakan jika sudah keterima di Perguruan Tinggi yang dituju. “Untuk adik-adik yang sudah keterima di Perguruan Tinggi hendaknya sungguh-sungguh mengikuti proses registrasi dari awal hingga akhir, jangan ketika sudah keterima di sia-siakan dengan berhenti mengikuti proses registrasi yang efeknya nanti sekolah tersebut akan terkena sanksi di tahun berikutnya”.

Untuk jalur masuk berikutnya adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022. Untuk para calon mahasiswa yang tidak bisa mendaftar di jalur masuk SNMPTN, masih mempunyai kesempatan untuk bisa mendaftar dan mengikuti ujian penerimaan mahasiswa baru secara nasional yang diadakan juga oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Dalam pemaparannya mengenai jalur masuk UTBK-SBMPTN ini, Tono kembali berpesan agar para calon mahasiswa memilih program studi yang sesuai minat dan kemampuannya. “Bagi adik-adik yang akan mendaftar UTBK-SBMPTN ini semestinya sudah tahu program studi mana yang sesuai minat, bakat dan kemampuan agar kelak dapat mengikuti perkuliahan sampai selesai. Disarankan untuk tidak lintas minat, jika memang kuat di saintek maka pilihlah program studi yang berbasis saintek, namun sebaliknya jika adik-adik kuat di soshum maka pilihlah program studi yang berbasis soshum.”Pungkasnya.

(DDP)