Persyaratan
DIPLOMA KEPERAWATAN
Lulusan SMA/MA/SMK Kesehatan/SMK Farmasi/SMK Analis/SMK Kimia, berijazah, 5 (lima) tahun terakhir 2017, 2018, 2019, 2020 atau 2021.
Bagi lulusan tahun 2021, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
Peserta seleksi dalam kondisi sehat jasmani dan rohani.
Tinggi badan;
Perempuan minimal 150 cm
Laki-laki minimal 155 cm
Tidak buta warna, parsial maupun total.
Bebas Narkoba.
DIPLOMA EKONOMI
Lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat dan Paket C, berijazah, 5 (lima) tahun terakhir 2017, 2018, 2019, 2020 atau 2021.
Bagi lulusan tahun 2021, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
Bagi Lulusan Paket C, usia maksimum saat Pendaftaran adalah 24 tahun.
Peserta seleksi dalam kondisi sehat jasmani dan rohani.
Bebas Narkoba.
ALIH JENJANG FAKULTAS EKONOMI
Lulusan PTN angkatan lima tahun terakhir.
Ijazah D3 dengan IPK minimal 2,75.
Akreditasi BAN PT Asal D3 dari PTN Lain, minimal B (Baik)
Peserta seleksi dalam kondisi sehat jasmani dan rohani.
Bebas Narkoba.
Timeline
No | Kegiatan | Waktu |
---|---|---|
1. | Pendaftaran | 14 Juni – 04 Agustus 2021 |
2. | Ujian Masuk | 08 Agustus 2021 |
3. | Pengumuman Hasil Ujian | 09 Agustus 2021 |
4. | Pembayaran UKT dan Pemberian NIM | 09 – 14 Agustus 2021 |
Biaya
Pendaftaran
Diploma Ekonomi dan D3 Studi Lanjut (Alih Jenjang) sebesar Rp 400.000,00 (empat ratus ribu rupiah)
Diploma Keperawatan sebesar Rp 550.000,00 (lima ratus lima puluh ribu rupiah)
Pendidikan
Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) sesuai dengan Keputusan Rektor Nomor: 379/UN43/KP.TM.01.03/2020 tentang Penetapan Biaya Pendaftaran, Uang Kuliah Tunggal, dan Iuran Pembangunan Institusi Bagi Mahasiswa Baru Program Sarjana Jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Tahun Akademik 2020/2021, yaitu:
No Kode Program Studi K3 K4 K5 K6
1. 5501 Akuntansi 3.000.000,- 4.000.000,- 5.500.000,- –
2. 5502 Manajemen Pemasaran (D3) 3.000.000,- 4.000.000,- 5.500.000,- –
3. 5503 Perpajakan (D3) 3.000.000,- 4.000.000,- 5.500.000,- –
4. 5504 Perbankan dan Keungan (D3) 3.000.000,- 4.000.000,- 5.500.000,- –
5. 8801 Keperawatan (D3) 6.000.000,- 6.500.000,- 7.000.000,- –
6. 5551 Manajemen (S1) 3.000.000,- 4.500.000,- 6.000.000,- –
7. 5552 Akuntansi (S1) 3.000.000,- 5.000.000,- 6.500.000,- 7.500.000,-
Iuran Pengembangan Institusi (IPIN) bagi mahasiswa Baru:
Diploma Ekonomi : Rp5.000.000,-
Diploma Keperawatan : Rp10.000.000,-
Alih Jenjang Ekonomi : Rp10.000.000,-
Biaya konversi bagi mahasiswa yang lulus Alih Jenjang sebesar Rp1.000.000,-
Pembayaran biaya UKT dan IPIn dilaksanakan pada tanggal 05 Juli 2021.
Pendaftaran
Pendaftaran online dilakukan mulai tanggal 14 Juni 2021 pukul 08.00 WIB dan berakhir tanggal 28 Juli 2021 pukul 23.59 WIB
Ambil kode bayar di laman https://admisi.untirta.ac.id, klik Daftar untuk memulai pendaftaran, serta mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Password (dicetak) kemudian bayar sesuai dengan biaya pendaftaran per program studi di Bank dengan menggunakan Nomor Pendaftaran tersebut. Catatan :
Pilihan Jalur Masuk : UUMD3 (Diploma 3) atau JAJ (Jalur Alih Jenjang S1)
Pilihan Gelombang : Gelombang I
Pilihan Kelompok Ujian : Ekonomi (D3-Ekonomi), Keperawatan (D3-Keperawatan), UMK (Alih Jenjang)
Cetak konfirmasi pembayaran
Lakukan pembayaran di teller bank BNI
Setelah melakukan pembayaran, pendaftar melakukan login kembali ke laman https://admisi.untirta.ac.id, dengan menggunakan Nomor Pendaftaran dan Password.
Lengkapi Data dengan Benar. Siapkan dokumen pdf dengan ukuran maksimal 280 KB.
Pakta Integritas Uang Kuliah Tunggal Jalur UMM D3 dan Alih Jenjang (download, isi, scan, dan upload).
Surat Pernyataan Mentaati Peraturan (download, isi, scan, dan upload).
Ijazah / Surat Keterangan Lulus bagi lulusan tahun 2020 yang belum memperoleh Ijazah.
Akta Kelahiran (scan dan upload).
Kartu Keluarga (scan dan upload).
Bukti pembayaran listrik bagi pelanggang pascabayar atau bukti pembelian token listrik bagi pelanggan prabayar (scan dan upload).
SPPT Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) maximal 2 (dua) Tahun terakhir atau Surat Pernyataan tentang Luas Tanah dan Bangunan Rumah yang ditempati bagi yang tidak punya SPPT (download, isi, scan, dan upload).
Surat Keterangan Kesehatan untuk semua Program Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (scan dan upload)
Untuk Program Studi Keperawatan wajib melakukan Test Kesehatan dan Narkoba setelah Jadwal Test selesai di Klinik Untirta.
Bukti Penghasilan Ayah dan Penghasilan Ibu dengan ketentuan sebagai berikut (scan dan upload):
PNS/TNI/BUMN/Karyawan Swasta: Slip Gaji / Bukti Penghasilan maksimal 2 (dua) bulan terakhir (terbaru),
Wiraswasta/Petani/Pedagang/Buruh/Tidak Mempunyai Pekerjaan Tetap : Surat Keterangan Penghasilan dari Kelurahan dengan mencantumkan nama Pekerjaan dan Nominal Penghasilannya (scan dan upload),
Pensiunan : Rekening Koran atau print out Buku Rekening Pensiun maksimal 2 (dua) bulan terakhir (terbaru).
Pasfoto berwarna terbaru (standar untuk ijazah) dengan wajah menghadap ke depan, ukuran 4×6 cm, berformat *jpg, dengan resolusi maksimum 300pxl x 450pxl, dan ukuran file maksimum 200 kb.
Cetak Kartu Peserta Ujian
Peserta Program studi Diploma Ekonomi dapat memilih maksimal dua program studi, sedangkan peserta D3 Studi Lanjut (Ahli Jenjang) hanya diperbolehkan memilih satu jurusan, sesuai dengan linieritasnya.
Helpdesk pendaftaran di Gedung Pusdainfo Lantai 1, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Telpon; 0817738817; 081911106670
Email: [email protected] dan [email protected]
Daftar Kode dan Nama Program Studi
No Kode Program Studi Fakultas Kelompok Ujian
1. 5501 D3 Akuntansi FEB Diploma Ekonomi
2. 5502 D3 Manajemen Pemasaran FEB Diploma Ekonomi
3. 5503 D3 Perpajakan FEB Diploma Ekomomi
4. 5504 D3 Perbankan dan Keuangan FEB Diploma Ekonomi
5. 8801 D3 Keperawatan Kedokteran Diploma Keperawatan
6. 5551 S1 Manajemen FEB Studi Lanjut (Alih Jenjang)
7. 5552 S1 Akuntansi FEB Studi Lanjut (Alih Jenjang)
Materi Ujian
EKONOMI KEPERAWATAN ALIH JENJANG
Tes Potensi Skolastik (TPS) Tes Potensi Skolastik (TPS) Tes Potensi Skolastik (TPS)
Tes Kemampuan Akademik Soshum (TKAS) (ekonomi dan sosial humaniora umum) Tes Kemampuan Akademik Saintek (TKAS) (matematika, fisika, kimia, dan biologi) Tes Kemampuan Akademik Keilmuan (TKAK) (Manajemen, Akuntansi, Ilmu Ekonomi)
Jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)
Hari dan Tanggal Kegiatan Waktu (WIB) Kelompok Ujian
31 Juli 2021 & 01 Agustus 2021 Peserta masuk ruang ujian 07.25 – 07.30 Sesi 1
Pemeriksaan identitas dan dokumen 07.30 – 07.40
Latihan 07.40 – 07.45
Tes Potensi Skolastik (TPS) 07.45 – 09.30
Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek/Soshum 09.30 – 11.00
I S T I R A H A T
Peserta masuk ruang ujian 13.00 – 13.05 Sesi 2
Pemeriksaan identitas dan dokumen 13.05 – 13.15
Latihan 13.15 – 13.30
Tes Potensi Skolastik (TPS) 13.30 – 15.15
Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek/Soshum 15.15 – 17.00
Ketentuan Khusus
Peserta wajib hadir di lokasi ujian, 90 menit sebelum ujian dilaksanakan.
Calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus tes tulis, wajib:
Bagi calon mahasiswa baru D3 Keperawatan, setelah ujian tertulis / UTBK, wajib: Mengikuti tes kesehatan dan bebas narkoba dilakukan di Kampus Untirta Pakupatan pada tanggal 31 Juli dan 01 Agustus 2021.
Untuk D3 Ekonomi dan Alih Jenjang S1, melampirkan / upload Surat Tes Kesehatan dan Bebas Narkoba dari RSUD daerah masing masing pada saat pengisian online di admisi.
Melakukan Pembayaran UKT, IPIn dan Konversi (S1 Alih Jenjang) pada tanggal 05 – 11 Agustus 2021.
Pengumuman hasil kelulusan (UTBK dan kesehatan) akan diumumkan tanggal 02 Agustus 2021 mulai pukul 14.00 melalui laman https://admisi.untirta.ac.id dan https://spmb.untirta.ac.id.
Calon mahasiswa baru yang tidak dapat memenuhi persyaratan registrasi administrasi sebagaimana yang ditetapkan dinyatakan GUGUR.
Biaya pendidikan calon mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi administrasi dan kemudian mengundurkan diri tidak dapat diminta kembali.
Kegiatan Pengenalan Kampus (KPK) mahasiswa waktunya akan disampaikan kemudian.
Kegiatan awal perkuliahan direncanakan mulai tanggal 23 Agustus 2021